Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

1
1786
kerja keras

Oleh : Nida Usanah

WahidNews, Selalu berpikiran bahwa orang-orang sukses selalu bekerja keras setiap harinya, tanpa lelah dan bahkan tidak mengenal waktu. Benarkah mereka yang telah bekerja keras dalam pekerjaannya selalu meraih kesuksesan?

Kerja keras adalah bekerja dengan waktu yang lama dan mengeluarkan tenaga sebesar mungkin untuk melakukan pekerjaanya. Orang yang bekerja keras selalu bertekad untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Allah pun menyukai orang-orang yang bekerja keras seperti keterangan dalam hadits.

Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (profesional atau ahli). Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan mujahid di jalan Allah Azza Wajalla (HR Ahmad)
Dalam ayat lain Qs. Attaubah :105 Allah berfirman :
“dan katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu,dan kamu akan dikembalikan kapada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan_Nya kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.“

Namun, ketika hanya kerja keras saja tanpa  diimbangi berpikir cerdas sangatlah merugi karena, hanya mengandalkan tenaga fisik saja. Padahal, dalam bekerja otak kita pun harus berpikir pula bagaimana kita mampu bekerja secara maksimal dengan hasil yang seimbang ataupun lebih, dalam waktu yang relatif efektif. Dengan begitu harus menggunakan keja cerdas. Kerja cerdas adalah bekerja dengan menggunakan akal yang dimiliki, lebih terampil dan inovatif. Dunia kerja sekarang bukan dinilai dari kerja kerasnya saja, namun bagaimana hasil yang lebih fresh dari lainnya.

Selain kerja keras dan kerja cerdas, semua pekerjaan yang dilaksanakan harus lah ikhlas. Seperti dalam surat Annisa: 125, Allah berfirman :
“ Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan dia mengikuti agama ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya. “

Kerja ikhlas adalah semua pekerjaan yang dilaksanakan, tetap atas dasar mendapatkan ridha Allah. Agar pekerjaan ini tetap pada lindungan Allah SWT. Dengan begitu, selain kita mengejar kehidupan duniawi tetapi, tetap menyeimbangkannya untuk kehidupan akhirat nantinya.

Incoming search terms: